Lebar rel kereta api yang tidak standar mengakibatkan kereta anjlok. Dikarenakan rel menerima beban dari roda kereta api secara kontinu selama kereta beroperasi. Inspeksi rel dilakukan oleh tenaga manusia atau PPJ (Petugas Penilik Jalur) menggunakan track gauge master, untuk mengukur lebar rel kereta api. Pengukuran lebar rel secara manual menjadi permasalahan, mengakibatkan petugas berjalan disepanjang rel kereta api sehingga kurang efisien dari segi waktu dan tenaga, serta dapat membahayakan keselamatan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dibutuhkan perangkat untuk mengukur lebar rel yang memudahkan petugas. Perangkat pengukur lebar rel menggunakan sensor laser. Penggunaan sensor laser dalam pengukuran memanfaatkan selisih waktu tempuh sinyal yang dipantulkan dan diterima oleh sensor, kemudian diolah menjadi nilai jarak. Nilai jarak disaring menggunakan metode kalman filter. Pengujian keakuratan jarak dibandingkan dengan alat ukur laser distance meter. Sensor laser dikalibrasi untuk meminimalisir selisih pengukuran (error) dari hasil pembanding. Hasil penelitian didapatkan akurasi error pada sensor laser sebesar 1,5%. Akurasi error menjadi 0,11% setelah menggunakan kalman filter.
Copyrights © 2022