Indonesia Berdaya
Vol 3, No 4: August-October 2022

Pendampingan Guru Sekolah Dasar dalam Pembuatan Asesmen Digital

Laras Sitoayu (Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien, Universitas Esa Unggul)
Rahmi Kartini Pertiwi (Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien, Universitas Esa Unggul)
Tommy G Tommy G (Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien, Universitas Esa Unggul)
Pelita Juliana Gultom (Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien, Universitas Esa Unggul)
Lintang Purwara Dewanti (Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Esa Unggul)
Nazhif Gifari (Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien, Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Sebagai patokan, hasil penilaian online (digital assessment) diyakini lebih akurat dan objektif. Sekolah yang tidak mampu menerapkan evaluasi digital menjadi sasaran proyek pengabdian masyarakat ini. Seesaw dapat digunakan sebagai pengganti penilaian portofolio digital dalam situasi ini. Seesaw tentunya merupakan salah satu bentuk pembelajaran aktif yang melengkapi kompetensi kurikulum 2013. Diyakini bahwa dengan berpartisipasi dalam proyek layanan ini, instruktur akan lebih siap untuk menggunakan penilaian digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Ada 150 instruktur se-Jawa Timur yang mengikuti pelatihan tersebut. Dalam hal ini, aplikasi Zoom Conference digunakan. Guru yang berpartisipasi dalam survei melaporkan bahwa mereka akrab dengan pengembangan penilaian digital dan konsep penilaian asli. Kesempatan menjadi relawan ini dapat membantu pemerintah meningkatkan pengalaman pendidikan bagi anak-anak di sekolah dasar. Evaluasi digital yang digunakan secara sungguh-sungguh akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan memberikan makna yang lebih.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ib

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Indonesia Berdaya particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as ...