EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Peran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Seri Hartati (Universitas Abdurrab)
Amir Syamsuadi (Universitas Abdurrab)
Liza Trisnawati (Universitas Abdurrab)
Andre Ray Septephan (Universitas Abdurrab)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengkaji minat baca di perpustakaan umum daerah. Perpustakaan merupakan tempat untuk melayani kebutuhan informasi dan bahan bacaan bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan dan menambah kecerdasan serta pengetahuan umum masyarakat. Peran perpustakaan sangatlah penting bagi ibukota Provinsi seperti Kota Pekanbaru. Diperlupan upaya khusus untuk meningkatkan minat baca dan kunjungan ke perpustakaan yang berada di Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. pendekatan deskriptif kualtiataif dalam rangka menggali bagaimana peran dina perpustakaan dan keardipan kota Pekanbaru untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa dinas perpustakaan dan kearsipan telah melakukan beberapa hal untuk meningkatkan minat baca antara lain : menjamin penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan daerah, menjamin ketersesiaan layanan perpusatakaan secara merata, menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat, menggalangkan promosi gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan, memfasilitasi penyelenggaraan perpustakaan daerah dan mengembangkan  perpustakaan umum daerah berdasarkan keabsahan, meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan kelililing, mempromosikan budaya membaca dengan iklan layanan masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...