Performance
Vol 26 No 1 (2019): Performance

Shopping Orientation : Sebuah Pendekatan Memprediksi Minat Beli

Retno Kurniasih (Universitas Jenderal Soedirman)
Tiladela Luhita (Universitas Jenderal Soedirman)
Siti Zulaikha Wulandari (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Perkembangan bisnis harus disikapi secara berbeda oleh setiap pihak. Bagi konsumen, maraknya bisnis baru yang muncul semakin menguntungkan mereka, tetapi bagi pemasar pertumbuhan bisnis bisa menjadi bencana karena semakin ketatnya persaingan. Oleh karena itu pemasar harus memahami apa yang menjadi motivasi atau mendorong niat beli konsumen dan melakukan keputusan pembelian. Saat ini perkembangan bisnis batik di Indonesia sangat pesat. Pemasar batik diharuskan pintar mengolah strategi untuk bertahan di pasar, salah satunya adalah dengan mempelajari motivasi belanja konsumen. Motivasi, atau lebih dikenal dengan orientasi belanja diyakini memiliki pengaruh terhadap niat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan 100 orang konsumen batik di Purwokerto dan sekitarnya dan regresi berganda sebagai alat analisis. Hasilnya, dari enam variabel orientasi belanja, terbukti bahwa kualitas produk dan belanja impulsif memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

performance

Publisher

Subject

Education

Description

Performance is our bianually peer-reviewed journal, designed to accommodate research articles in the domain of management science. This journal has been published by Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman since 2003. We invite articles in all functional area of management, ...