Performance
Vol 26 No 1 (2019): Performance

Proses Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Membangun Citra Positif melalui Media Sosial Instagram @Keretaapikita

Nadia Zulfa Nur Azizah (Universitas Telkom)
Ayub Ilfandy Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2019

Abstract

Dewasa ini muncul banyak akun-akun Instagram perusahaan termasuk perusahaan jasa transportasi di Indonesia sebagai salah satu cara untuk melakukan fungsi public relations, salah satu perusahaan jasa tersebut adalah PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Walau menjadi satu-satunya perusahaan perkeretaapian di Indonesia, namun PT. Kereta Api Indonesia (Persero) harus tetap melakukan public relations demi menjaga hubungan dengan masyarakat dan membangun citra positif perusahaan. Salah satu cara yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah pengelolaan akun resmi Instagram yaitu @keretaapikita. Maka dari itu, penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perusahaan untuk melakukan public relations guna menjaga hubungan dengan masyarakat serta membangun citra perusahaan. Objek penelitian ini adalah proses public relations akun resmi Instagram @keretaapikita yang unik dan tentu saja berbeda dengan akun-akun Instagram perusahaan jasa transportasi lainnya. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep public relations, proses public relations, dan citra. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa unit Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan semua proses public relations seperti fact finding, planning, communicating, dan evaluating dalam mengelola akun Instagram @keretaapikita dengan mengemas konten yang menarik sehingga dapat membuat citra positif perusahaan di mata masyarakat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

performance

Publisher

Subject

Education

Description

Performance is our bianually peer-reviewed journal, designed to accommodate research articles in the domain of management science. This journal has been published by Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman since 2003. We invite articles in all functional area of management, ...