Menumbuhkan dan mengembangkan budaya religius di sekolah berarti mengembangkan nilai-nilai religius di sekolah sebagai pijakan nilai, semangat, sikap, dan perilaku bagi para aktor sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya, orang tua murid, dan peserta didik itu sendiri. Pelaksanaan budaya religius di sekolah mempunyai landasan kokoh yang normatif religius maupun konstitusional sehingga tidak ada alasan bagi sekolah untuk mengelak dari usaha tersebut. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan yang diwujudkan dalam membangun budaya religius di berbagai jenjang pendidikan, patut untuk dilaksanakan. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum Pagotan telah memiliki berbagai strategi dalam menumbuhakan budaya religius, sehingga madrasah memiliki banyak budaya religius. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam menumbuhkan budaya religius di Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum, Pagotan Kabupaten Madiun. Dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi Kepala Sekolah dalam menumbuhkan budaya religius. Kajian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan budaya religius meliputi strategi pembiasaan, strategi keteladanan, strategi kemitraan.
Copyrights © 2022