TARBAWI: Journal on Islamic Education
Vol 6, No 1: April 2022

MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DENGAN MEDIA BUKU POP UP INOVASI DI MI MUHAMMADIYAH PONOROGO

Aqmarina Candra Astika (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Sigit Dwi Laksana (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Lilis Sumaryanti (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Kemampuan membaca adalah hal dasar dan yang penting untuk kemajuan sumber daya manusia. Untuk seorang siswa, kemampuan dasar untuk belajar adalah membaca. Lewat kemampuan membaca, siswa dapat memperoleh banyak informasi, mempelajari ilmu pengetahuan, menambah pengalaman, meningkatkan wawasan, serta mempelajari hal baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun sumber data diperoleh dari seluruh siswa kelas I yang berjumlah 9 anak. Media pembelajaran yang digunakan adalah media buku pop up inovasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan perubahan namun belum mencapai hasil yang maksimal, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasil dari siklus II kemampuan ketepatan dalam membaca mendapatkan persentase 86%, kemampuan ketelitian mendapatkan hasil persentase 75%, dan yang terakhir kemampuan kelancaran mendapatkan hasil 72%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Focus and Scope of Tarbawi Journal: Journal of Islamic Education covers 1 PAI Learning (Method, Strategy, Model, Assessment) 2. Islamic Education 3. Management of Islamic Education 4. Management of Pending Institutions. Islam 5. and related ...