Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 2 No. 2 (2022): Maret 2022, IJI Publication

Sistem Pakar Deteksi Dini Gejala Covid-19 Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android

Luluk Elvitaria (Universitas Abdurrab, Indonesia)
Diki Arisandi (Universitas Abdurrab, Indonesia)
Ardinan Ardinan (Universitas Abdurrab, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Wabah Covid-19 sudah ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi global, tidak hanya di Indonesia. Hal ini menyebabkan kekhawatiran dan perubahan pola hidup, apalagi berdasarkan data dari WHO, lebih dari 500 juta jiwa telah terinfeksi Covid-19 diseluruh dunia. Untuk menekan jumlah penderita Covid-19 dan meningkatkan kesadaran bersama, perlu ada identifikasi secara mandiri agar gejala Covid-19 lebih mudah dikenali dan ditangani secara personal. Penelitian ini berfokus pada gejala yang umum terjadi berdasarkan informasi dari pakar (dokter dan tenaga kesehatan) yang berpengalaman menangani Covid-19. Informasi dari pakar kemudian diolah dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis mobile yang mampu mendeteksi gejala Covid-19 dengan menampilkan persentase jawaban berdasarkan pilihan dari pengguna. Setelah melalui pengujian dan evaluasi, metode CF menghasilkan akurasi sebesar 99.96 % untuk inferensi positif dan 99.760384 % untuk inferensi negatif. Selain dari sisi metode yang digunakan dalam penelitian ini, pengujian juga dilakukan dari sisi aplikasi. Hasil pengujian aplikasi dengan metode blackbox meyatakan bahwa setiap modul sukses mengidentifikasi gejala Covid -19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...