Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 2 (2022): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Kajian Literatur: Permasalahan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Bintang Lony Vera Victory (Universitas Pattimura)
Sumarah Suryaningrum (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Membaca adalah salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki setiap indidu dan biasanya kemampuan ini sudah dilatih sejak dini. Dengan memiliki kemampuan membaca, berbagai pengetahan lainnya dapat diperoleh engan mudah. Kemampuan membaca erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa dan dapat mempengaruhi aspek lainnya seperti kemampuan mengkomunikasikan ide dan gagasan. Tujuan membaca pada kelas rendah adalah untuk menyuarakan tulisan dengan intonasi yang wajar, mengupayakan agar siswa dapat mengenal dan membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dan kalimat demi kalimat dengan lafal yang tepat dan lancer. Adapun tujuan membaca pada kelas tinggi adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Penelitian dengan pendekatan kajian literatur ini bertujuan untuk mengkaji akar penyebab permasalahan kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar kelas tinggi dan menemukan solusinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edukasitematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menerima naskah artikel hasil penelitian yang berkaitan masalah-masalah praktik pendidikan, pembelajaran, dan teknologi pada bidang pendidikan sekolah dasar. Adapun topik-topik yang dapat diangkat, di antaranya sebagai berikut: Inovasi Pembelajaran di ...