Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 4 (2022): November

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif

Baiq Anggreni Ihsanda (Unknown)
Darmiany (Unknown)
Baiq Niswatul Khair (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Kemampuan membaca merupakan sesuatu yang vital dalam suatu masyarakat terpelajar, karena aktivitas belajar pada anak dimulai dari bagaimana individu membaca, dan proses membaca buku akan sangat dipentingkan bagi anak untuk kehidupan mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas II  dalam membaca permulaan di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif. Jenis penelitian ini adalah desriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif yang berjumlah 19 orang siswa. Metode pengempulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan doumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis non statatistik. Hasil penelitian ini menunjukkan 4 dari 19 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan jenis kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut diantaranya, kesulitan dalam membca huruf  vokal,huruf konsonan, suku kata, kata, dan kalimat  atau paragraf. Hal ini mennjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara mengadakan bimbingan membaca di rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...