AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam)
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH LIL ‘ULUM UNTUK MEMBACA KITAB KUNING DI PESANTREN ROUDLATUL ‘ULUM KARANG TANJUNG KEBUMEN

Miftahurrohmah Miftahurrohmah (IAINU KEBUMEN)
Mustajab Mustajab (Unknown)
Nihayatul Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode Al-Miftah dalam pembelajaran membaca kitab kuning di Pesantren Roudlatul ‘Ulum Karang Tanjung; (2) Mendeskripsikan hasil dari penerapan metode Al-Miftah dalam pembelajaran membaca kitab kuning di Pesantren Roudlatul ‘Ulum Karang. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Adapun subyek penelitian untuk memperoleh data atau fakta dalam penelitian yaitu: (1) Pengasuh pondok peantren Karang tanjung (2) Lurah pondok pesantren (3) Ustad/ah pondok pesantren (4) Santri pondok pesantren. Teknik pengumpulan data yang di lakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian di analisis dan diinterpretasikan dalam bentuk yang singkat dan jelas sehingga mudah di pahami dan di simpulakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Al-miftah telah di terapkan dalam membaca kitab kuning melalui tahapan antara lain : perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penerapan dalam pembelajaran metode Al-miftah di pondok Pesantren Roudlatul ‘Ulum Karang tanjung di antaranya yaitu santri bisa membaca kitab fathul Qorib, hafal nazhom dan lagu dari jilid 1-4.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Alhikmah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam) p-ISSN 2685-4139 e-ISSN 2656-4327 menerbitkan naskah ilmiah. yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Agama Islam secara berkala (2 kali setahun). Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas ...