Jurnal Tecnoscienza
Vol. 7 No. 1 (2022): TECNOSCIENZA

Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Handphone Dengan Metode Simpple Additive Weighting (SAW) (Studi kasus di Roni Cell)

Yuszril Herdianzah Yuszril (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rina Firliana (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Erna Daniati (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Kecanggihan teknologi semakin hari semakin berkembang pesat, dan salah satu perkembangan teknologi yang sekarang tidak jauh dari kehidupan kita sehari – hari yaitu Handphone. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikan hanphpone sebagai kebutuhan hidup. Tetapi kebanyakan masyarakat mengalami kebingungan saat akan membeli handphone ke toko, salah satu faktornya karena kurangnya informasi tentang spesifikasi dan harga handphone. Maka dari itu dibuat sistem pendukung keputusan, dimana kegunaan nya bisa membantu pembeli dalam pemilihan handphone yang akan dibeli sesuai dengan keinginan. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Proses pengambilan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi dan wawancara secara langsung kepada pemilik toko supaya mendapatkan data yang akurat untuk dianalisis. Dari wawancara yang dilakukan, maka didapatkan kriteria yang digunakan sebagai harga, jenis dan spesifikasi penting untuk menentukan pemilihan handphone, selanjutnya dilakukan perancangan desain sistem yaitu dengan membuat Data Flow Diagram (DFD), tahap selanjutnya yaitu implementasi perhitungan Simple Additive Weighting (SAW) menggunakan rumus yang sesuai dengan metode tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan untuk membantu pembeli dalam menentukan handphone yang akan dibeli sesuai kriteria yang diinginkan. Dan hasil dari penelitian ini Sistem pendukung keputusan yang menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) ini dapat menentukan pemilihan rekomendasi handphone terbaik berdasarkan kriteria yang diinginkan pembeli.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...