Masalah dalam penelitian adalah hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar, prestasi belajar, kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar, dan korelasi kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Cerdas Bangsa Namorambe Tahun Ajaran 2021/2022, dengan sampel 38 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian korelasional, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan statistik t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh; (1) kemandirian belajar siswa berkriteria cukup, (2) hasil belajar siswa berkriteria cukup, (3) kemandirian belajar memberikan kontribusi 34,81% terhadap hasil belajar, (4) terdapat korelasi yang signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Cerdas Bangsa Tahun Ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022