Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 9 No 3 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Di SDN Tegalwangi 04 Jember

Niluh Putu Tisma Virapatni (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
M Sulthon Masyhud (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Fajar Surya Hutama (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian dilatar belakangi adanya kekurang maksimalan proses pembelajaran, terutama untuk pembelajaran tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember yang disebabkan karena belum diterapkannya metode pembelajaran yang atraktif untuk siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertolak dari masalah : “adakah pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember?”. Untuk memecahkan masalah penelitiian tersebut, desain quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control group yang diterapkan dalam penelitian. Subjek penelitian sejumlah 44 siswa kelas V SDN Tegalwangi 04 Jember yag terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Test hasil belajar dilakukan untuk pengumpulkan data utama. Setelah data terkumpul secara lengkap, kemudian dianalisis dengan t-test. Hasil analisis t-test memperlihatkan thitung > ttabel untuk db=42 untuk ranah kognitif yaitu sebesar 4,505 > 0,297 untuk taraf signifikan 0,05. Hasil t-test tersebut digunakan untuk menguji hipotesis nihil penelitian yang berbunyi “tidak ada pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember”. Setelah dilakukan uji hipotesis dapat diambillah kesimpulan bahwa hipotesis tersebut ditolak, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...