Journal Social Science And Technology For Community Service
Vol 3, No 2 (2022): Volume 3, Nomor 2, 2022

PENGENALAN WAWASAN BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI SISWA/I SMK YADIKA BANDARLAMPUNG

Almira Devita Putri (Universitas Teknokrat Indonesia)
Dian Novita (Universitas Teknokrat Indonesia)
Sugama Maskar (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Generasi Z adalah generasi yang berasal dari orang tua yang merupakan Gen millenial, mereka membawa beberapa sifat bawaan Millenial antara lain setia, tegas, bertanggungjawab dan perduli. Namun, GEN Z berbeda dikarenakan lebih memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dan cenderung untuk berjuang keras demi memperoleh identitas dirinya dan mendapatkan pengakuan dari orang lain (Chillakuri & Mahanandia, 2018). Gen Z juga berkontribusi 85% dari total transaksi (KIC-Kredivo, 2020). Lebih lanjut, pemerintah saat ini tengah fokus dalam pemulihan ekonomi nasional yang turun karena pandemi Covid-19 yang belum mereda. Generasi Z yang diharapkan menjadi bonus demografi tenaga kerja dalam beberapa tahun kedepan, sebaiknya sebagaimana dalam penelitian Mahanandia yang menyarankan bahwa bakat GEN Z perlu dikembangkan. Oleh karena itu sangat tepat untuk membekali siswa/I SMK yang faktanya merupakan GEN Z dengan motivasi pengembangan potensi diri untuk menjalankan bisnis di era digital.  Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan membuka wawasan siswa/i untuk mengenali potensi diri dan membangun bisnis yang berawal dari hobi sendiri. Tidak hanya itu saja, melalui kegiatan ini siswa juga akan  diajarkan bagaimana cara membangun bisnis di era digital, dengan demikian diharapkan siswa memiliki daya saing yang baik serta mampu berkontribusi tidak hanya untuk diri sendiri dan keluarga, namun masyarakat sekitar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSSTCS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; ...