Usaha produktif dengan kepemilikan perorangan maupun badan usaha dengan kriteria tertentu merupakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Agar dapat bertahan danĀ meningkatkan bisnisnya, maka UMKM harus melakukan perbaikan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Untuk itu diperlukan perencanaan, agar dapat melakukan kreativitas dan inovasi, termasuk terhadap model bisnisnya. Demikian pula Nanami Hommy Food (NHF), salah satu usaha mikro yang bergerak dalam bidang kuliner, yaitu menyediakan catering pekanan dan bulanan. Nanami memiliki potensi yang cukup besar untuk meraih peluang, yaitu segmen pasar yang cukup besar di sekitar kampus di bilangan Bogor. Namun, belum adanya tenaga professional penjualan, belum adanya bisnis model, belum adanya channeling secara online sehingga jumlah reseller yang ada lambat bertumbuh, dan menyebabkan jumlah konsumen relative tidak bertambah. Tujuan penelitian ini adalah merancang bisnis model dan menganalisis bisnis model menggunakan SWOT. Metode yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah bisnis model NHF dan hasil analisis setiap komponennya.Kata Kunci: Bisnis Model, Katering, UMKM, SWOT
Copyrights © 2022