Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 3c (2022): September

Praktik Penilaian Guru Pendidikan Sains antara Keyakinan atau Pengetahuan Guru? Perspektif Filsafat

Sudirman Sudirman (Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu)
Muhammad Sarjan (Universitas Mataram)
Joni Rokhmat (Universitas Mataram)
Hamidi Hamidi (Universitas Mataram)
Agus Muliadi (Universitas Pendidikan Mandalika)
Asrorul Azizi (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Iswari Fauzi (Politeknik Kesehatan Mataram)
Muhammad Yamin (Universitas Mataram)
Muh. Zaini Hasanul Muttaqin (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Mulia Rasyidi (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Bakhtiar Ardiansyah (Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Nusa Tenggara Barat)
Yusran Khery (Universitas Pendidikan Mandalika)
Rindu Rahmatiah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui apakah penilaian pembelajaran sains (IPA) dipengaruhi oleh keyakinan atau pengetahuan guru ditinjau dari perspektif filsafat. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah kajian pustaka atau studi leratur.  Keyakinan dalam konteks pendidikan yaitu mengkaji praktik yang dianut oleh guru tentang pembelajaran dan penilaiannya, Keyakinan telah digambarkan sebagai konstruksi psikologis yang paling berharga bagi guru. Keyakinan membentuk nilai-nilai seseorang dan pada akhirnya menentukan perilaku, Keyakinan adalah kebenaran pribadi sedangkan pengetahuan dianggap lebih bersifat faktual karena dapat secara objektif dan diverifikasi secara independen. Keyakinan menciptakan sikap, sikap berubah menjadi tindakan yang memandu keputusan dan perilaku.  Dalam kaitannya dengan pendidikan sains berdasarkan hasil kajian literatur bahwa keyakinan guru berdampak pada persepsi dan penilaian pendidikan sains sehingga mempengaruhi perilaku, praktik, dan tindakan mereka dalam ruang kelas. keyakinan guru memainkan peran utama dalam mendefinisikan tugas mengajar dan mengatur pengetahuan dan informasi yang relevan, oleh karena itu berdasarkan studi literatur dapat simpulkan bawa keyakinan lebih berperan daripada pengetahuan dalam menentukan keputusan praktik penilaian pendidikan sains/IP hal ini karena keyakinan guru memainkan peran utama dalam mendefinisikan tugas mengajar dan mengatur pengetahuan dan informasi yang relevan dengan tugas kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...