Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 7, No 2 (2022): Oktober

Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dikelas III SDS Muhammadiyah 06 Tebet

Nia Rahmania (Unknown)
Nur Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas III SDN. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Jumlah keseluruhan kelas III terbagi menjadi 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 71 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu berjumlah 18 siswa. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kelas III sangat rendah. Dengan nilai : t_hitung   -0,152 < 2,120 pada t_tabel   (taraf signifikan 0,05) serta dengan tingkat signifikansi 0,881 > 0,05 yang berarti signifikan rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...