Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Bioterdidik

Persepsi Mahasiswa Biologi Terhadap Penggunaan Aplikasi Daring (Video Conference) Sebagai Sarana Perkuliahan Daring Pada Masa Pendemi Covid-19

Neli Neli (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Akbar Handoko (universitas islam negeri raden intan lampung)
Ardian Asyhari (universitas islam negeri raden intan lampung)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

The purpose of this study was to find out how students perceive the use of online video conference applications as a means of online lectures during the Covid-19 pandemic at Raden Intan State Islamic University Lampung majoring in Biology Education and to find out what obstacles’ students experience. This study uses a quantitative descriptive research method, in which the researcher describes the data based on the results of the questionnaire scores and is supported by the respondent's interview answers. It was shown that students' perceptions of the results of the total percentage on each indicator, namely the acceptance indicator consisted of 55%, the understanding indicator was 61.23%, while the evaluation indicator was 68.2% and had an average value of 61.47% which included in the good category. The perception of students is said to be good and can support the online learning process. Meanwhile, the obstacles felt by students when using video conferencing applications were still technical which are connections, networks, and time constraints.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi daring  Video Converence  sebagai sarana perkuliahan daring pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung jurusan Pendidikan Biologi  dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dirasakan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, yang mana peneliti mendeskripsikan data berdasarkan hasil nilai kuesioner dan didukung dengan jawaban wawancara responden. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa dari hasil total persentase pada setiap indikator yaitu pada indikator penerimaan terdiri dari 55%, indikator pemahaman  61,23%  sedangkan indikator evaluasi yaitu 68,2% dan memiliki nilai rata rata sebesar 61,47 % yang mana masuk pada kategori baik. Persepsi mahasiswa sudah baik dan bisa mendukung proses pembelajaran daring. Kendala yang dirasakan oleh mahasiswa ketika menggunakan aplikasi video conference masih sebatas teknis yakni kurangnya koneksi, jaringan, serta keterbatasan waktu.Kata kunci: kendala, perkuliahan daring, persepsi mahasiswa, video conferenceDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v10i2.25247 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...