JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi

Hartati, Hartati (Unknown)
Azmin, Nikman (Unknown)
Nasir, Muh. (Unknown)
Andang, Andang (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Proses belajar mengajar saat ini yang terlihat kurang mengedepankan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa, padahal aspek keterampilan proses sains merupakan dasar utama pembelajaran sains dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test-pos-test control groups design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Kota Bima, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI SMAN 2 Kota Bima berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk melihat perbedaan keterampilan proses sains, soal tes untuk menilai hasil belajar dan lembar angket untuk melihat tanggapan siswa. Analisis keterampilan proses sains menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi yaitu sebesar 72,82% atau dikategorikan aspek keterampilan siswa baik dari pada kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 57,3% atau dikategorikan aspek keterampilan proses sains siswa cukup. Analisis respon siswa secara umum yang menyatakan sangat setuju dan setuju dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 97,6% dari 26 sampel, hal ini menunjukkan bahwa hasil tanggapan siswa terhadap model Problem Based Learning (PBL) menunjukkan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...