Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi)
Vol. 3 No. 1 (2022): Juli 2022

PERAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN UMKM

Irma Christiana (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rahmad Bahagia (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Linnzy Pratami Putri (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Reyza Suwanto Sitorus (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Usaha kecil adalah usaha mandiri yang pengaruhnya relatif kecil terhadap pasar. Di Indonesia, usaha kecil dikenal sebagai UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). UMKM terus berjuang menghadapi pasar yang semakin kompetitif. Agar dapat terus bertahan dan menguasai pasar. Sehingga UMKM membutuhkan informasi yang akurat dan tepat dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada pada UMKM tersebut. Informasi yang diperoleh UMKM digunakan untuk membuat perencanaan yang tepat, dimana informasi tersebut biasanya diperoleh dari media penyebaran informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menjelaskan fenomena dan data serta penelitian kemudian menarik kesimpulan dari permasalahan yang ada. Dari pembahasan, dapat disimpulkan bahwa peran komunikasi bisnis dalam membantu pengembangan UKM adalah meningkatkan pendapatan UMKM, meningkatkan penjualan UMKM, dan sebagai strategi pemasaran bagi UMKM.

Copyrights © 2022