IKRAITH-TEKNOLOGI
Vol 7 No 1 (2023): IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 7 No 1 Maret 2023

Perencanaan Area Traffic Control System (ATCS) Untuk Optimasi Kinerja Persimpangan Pada Jalan H.M Joyo Martono,Kota Bekasi

Fauziah Ramadhana Naway (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)
Fitri Suryani (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Kota Bekasi merupakan kota penyeimbang bagi DKI Jakarta dan anggota dari kotametropolitan terbesar di Indonesia. Ada banyak persimpangan di kota Bekasi menimbulkanpermasalahan tersendiri, Kondisi eksisting pengaturan waktu sinyal pada simpang JalanHM.Joyo Martono, belum optimal. Kondisi ini terlihat dari panjang siklus yang berbeda,dimana kendaraan terkadang harus selalu berhenti pada setiap jalan karena selalu mendapatsinyal merah. Untuk itu pada skripsi ini, saya berusaha melakukan penelitian atas permasalahankoordinasi simpang yang belum bekerja secara maksimal dalam Skripsi yang berjudul“Perencanaan Area Traffic Control Sistem (ATCS) Untuk Optimasi Kinerja PersimpanganPada Jalan H.M. Joyo Martono Kota Bekasi.”. Adapun data yang diambil adalah datageometrik, waktu sinyal, volume lalu lintas, dan kecepatan arus lalu lintas. Analisa kinerjasimpang bersinyal ini menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untukperhitungan derajat kejenuhan, tundaan dan Panjang antrian. Hasil survey diketahui bahwapersimpangan Jalan HM. Joyo Martono belum optimal. Dari perencanaan Panjang siklussebesar 224 detik, kondisi eksisting rata – rata simpang menunjukan kinerja yang mendekatijenuh. Setelah dilakukan perencanaan waktu siklus baru yang berdasar teori koordinasi, didapatDerajat Kejenuhan (DS) sebesar 0.379, Tundaan Simpang (Delay) 131527.73 smp/detik danPanjang antrian (QL) sebesar 260.098 m. Sehingga kondisi sesudah penerapan ATCSdikoordinasi lebih baik dibandingkan kondisi ekisting pada saat sebelum penerapan ATCSdidapat penghematan waktu tundaan sebesar 71.642 smp/detik.

Copyrights © 2023