FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2022): FARABI

Desain Soal Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial

Isnaeni Rofiah (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Kashardi Kashardi (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Mardiah Syofiana (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis serta memiliki tingkat kesukaran dan indeks daya beda yang baik. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang memakai model Tessmer yang terdiri dari beberapa fase ialah preliminary, self evaluation, expert review and one-to-one, serta small group. Subjek penelitian ini ialah 33 orang siswa kelas VII SMPN 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Data dianalisis secara kualitatif pada fase preliminary, self evaluation, expert review and one-to-one serta kuantitatif pada fase small group. Hasil penelitian ini diperoleh 5 soal yang valid berdasarkan komentar validator dari segi materi, kontruksi, serta bahasa. Menghasilkan 5 soal yang praktis berdasarkan keterbacaan dari tiga orang siswa, serta menghasilkan 4 soal yang terstandar ialah memiliki tingkat kesukaran serta indeks daya beda yang baik sehingga bisa dipakai untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...