Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, dan Lingkungan Terrbangun
Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Vastukara

DESAIN INTERIOR CHILDREN EDUCATION CENTER DENGAN KONSEP MONTESSORI LEARNING DI ERA NEW NORMAL

Indah Ainun Zahrah (Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret)
Lu’lu’ Purwaningrum (Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Kebijakan kegiatan belajar mengajar berbasis daring yang telah dilaksanakan dua tahun belakangan ini memberikan dampak negatif pada perkembangan pendidikan anak didik di Indonesia, di mana anak-anak mulai terlalu “nyaman” di rumah dan malas untuk kembali bersekolah, bahkan anak-anak mulai tidak mandiri dalam belajar maupun dalam mengerjakan tugas sekolah, yang mana ketika hal ini dibiarkan akan menimbulkan dampak yang krusial pada perkembangan pendidikan anak-anak di Indonesia. Penerapan metode belajar Montessori, yaitu metode belajar yang menekankan kepada kemandirian dan keaktifan anak dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dinilai mampu membantu mengembalikan minat belajar anak. Dengan implementasi gaya desain neotenik, yaitu gaya desain dengan ciri khas penggunaan bentuk lengkung dan chubby yang dapat memberikan suasana keceriaan. Tujuan Desain interior Children Education Center ini adalah untuk membantu meningkatkan kemandirian dan efektifitas pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk anak, dengan tetap mengutamakan sarana belajar yang aman untuk anak usia dini dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

vastukara

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science

Description

Jurnal Vastukara dikonstruksi sebagai jurnal online (e-journal). Jurnal ini di-review menggunakan sistem blind review. Jurnal Vastukara ditujukan sebagai media pengembangan keilmuan desain interior, budaya, dan lingkungan terbangun, untuk dapat dipublikasikan secara berkelanjutan. Publikasi ini ...