Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik , pembelajaran masih pasif, peserta didik merasa takut dan sulit mengungkapkan pendapat dan ketertarikan peserta didik pada pelajaran Matematika masih rendah yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan dan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Peneliti menggunakan model pembelajaran NHT (Number Head Together) berorintasi inquiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses  dan hasil pembelajaran melalui NHT     Berorientasi Inquiri Terbimbing pada Materi Perbandingan dan Skala di SD Se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Gringsing, Batang. Pemilihan populasi dan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas V di SD Negeri Sawangan 01. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal) pengambilan sampel penelitian ini menggunakan 1 kelompok belajar yang berjumlah 15 peserta didik. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan disebut pretest dan sesudah perlakuan disebut posttest . Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas model   NHT (Numbered Heads Together) berorientasi inquiri terbimbing dan variabel terikat adalah kualitas proses  dan hasil pembelajaran. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji one Sampel t-test untuk menguji hipotesis. One Sampel t-test diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka artinya Ho ditolak dan Ha diterima atau ada perbedaan rata-rata signifikasi pada model  pembelajaran yang digunakan.
Copyrights © 2022