JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Melalui NHT Berorientasi Inquiri Terbimbing pada Materi Perbandingan dan Skala di SD Se- Gugus Ahmad Yani Kecamatan Gringsing, Batang

Juharti Juharti (Universitas PGRI Semarang)
Bagus Ardi Saputro (Universitas PGRI Semarang)
Aryo Andri Nugroho (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik , pembelajaran masih  pasif, peserta didik merasa takut dan sulit mengungkapkan pendapat dan ketertarikan peserta didik pada pelajaran Matematika masih rendah yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan dan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Peneliti menggunakan model pembelajaran NHT (Number Head Together) berorintasi inquiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas  proses   dan hasil pembelajaran melalui NHT      Berorientasi Inquiri Terbimbing pada Materi Perbandingan dan Skala di SD Se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Gringsing, Batang. Pemilihan populasi dan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas V di SD Negeri Sawangan 01. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal) pengambilan sampel penelitian ini menggunakan 1 kelompok belajar yang berjumlah 15 peserta didik. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes  sebanyak  dua  kali, yaitu sebelum diberi perlakuan disebut pretest  dan sesudah perlakuan disebut posttest . Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas model   NHT (Numbered Heads Together) berorientasi inquiri terbimbing dan variabel terikat adalah kualitas  proses   dan hasil pembelajaran. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji one Sampel t-test untuk menguji hipotesis. One Sampel t-test diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka artinya Ho ditolak dan Ha diterima atau ada perbedaan rata-rata signifikasi pada model  pembelajaran yang digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...