Journal of Accounting Science
Vol 6 No 2 (2022): July

Net Volume of Market Maker Shares, Information Asymmetry, Company Fundamentals on Profitability; Fixed Effect Model Approach

Amir Amir (Universitas Muhammadiyah Purwakarta)
Bambang Tjahjadi (Universitas Airlangga Surabaya)
Iman Harymawan (Universitas Airlangga Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dimotivasi belum adanya peraturan tentang Market Maker yang menimbulkan asimetri informasi, dan permainan harga oleh market maker, khususnya market maker dalam grup perusahaan. Kasus kejahatan dibursa saham Indonesia melibatkan lebih dari satu perusahaan sekuritas sebagai market maker. Hasil riset sebelumnya terjadi gap terkait volume market maker, asimetri informai terhadap profitabilitas perusahaan. Studi ini menguji pengaruh Net Volume Saham market maker, Asimetri Informasi, Nilai Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling periode tahun 2015-2018. Analisis menggunakan model estimasi data panel Fixed Effect. Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa Net Volume Market Maker, asimetri informasi, dan nilai perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan Leverage gagal mengkonfirmasi pengaruh negatif terhadap profitabilitas. Variabel kontrol, PER yang berpengaruh negatif, sedangkan ROA dan Size berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Aim: to facilitate scholar, researchers, and teachers for publishing the original articles of review articles. Scope: accounting science include: financial accounting, management accounting, tax accounting, islamic accounting and ...