JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN DL DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Wingga Eka Pasera (Unknown)
Tedi Rusman (Unknown)
Nurdin Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2015

Abstract

This study examines the social studies learning outcomes comparison with method Inquiry and Discovery Learning (DL) with regard achievement motivation in studying in class VIII SMP Negeri 1 Banjit. The result of data analyzing showed: (1) there is a difference of students result study of social studies using Inquiry methods and DL methods, (2) there is a difference of students average result study for the students who have high and low achievement motivation, (3) students result study using DL are higher than Inquiry methods for the students who have high achievement motivation in learning, (4) students result study using DL are lower than Inquiry methods for the students who have low achievement motivation in learning, (5) there is an interaction between learning method and students achievement motivation to the students result study of social studies.Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan metode Inquiry dan Discovery Learning (DL) dengan memperhatikan motivasi berprestasi kelas VIII SMP Negeri 1 Banjit. Hasil analisis (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dan DL, (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan rendah, (3) hasil belajar menggunakan metode DL lebih tinggi dari pada metode inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, (4) hasil belajar siswa menggunakan metode DL lebih rendah dari pada metode Inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, (5) ada interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Kata kunci : DL, hasil belajar, inquiry

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...