Indonesian Business Review
Vol 5 No 2 (2022): Indonesian Business Review

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Milenial pada E-Commerce Di Indonesia

Karin Sidanta (Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus, Jl. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430)
Bobby Christian (Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus, Jl. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430)
Hadi Hadi (Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus, Jl. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430)
Winny Angelia (Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus, Jl. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430)
Istijanto Istijanto (Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus, Jl. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor apa yang memengaruhi kepuasan konsumen dalam konteks transaksi e-commerce yang dilakukan oleh kaum milenial di Indonesia. Dalam penelitian ini, terdapat sejumlah 305 sampel yang dipilih dengan metode simple random sampling dan data seputar variabel-variabel terkait kepuasan konsumen diambil menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner online. Berikutnya, data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan diolah menggunakan program SPSS Versi 24 untuk menguji hipotesis yang telah dibuat. Hasil akhir dari analisis data menunjukkan bahwa variabel desain website, persepsi keamanan, pelayanan konsumen, kapabilitas pembayaran dan layanan pengiriman terbukti secara langsung memengaruhi kepuasan konsumen berusia milenial di Indonesia ketika menggunakan e-commerce. Di satu sisi, variabel kualitas informasi produk dan kenyamanan proses pembelian terbukti tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen milenial di Indonesia ketika menggunakan e-commerce.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibr

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

IBR seeks to publish high-quality, scholarly empirical research articles in : - management, - strategic management, - organization, - entrepreneurship, - operation management, - human resource management, - business, and organization topics that test, extend, or build theory and contribute to ...