Aktivitas pemasaran tidak dapat dipisahkan dalam dunia bisnis karena memiliki fungsi penting dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada objek penelitian dikemukakan beberapa hal tentang bauran promosi yang masih belum diterapkan secara maksimal terlihat dari jenis promosi yang sudah dilakukan oleh Indomaret kota Telukdalam. Dari sekian banyak bentuk bauran promosi, yang sudah dilakukan oleh perusahaan adalah hanya sebagian saja seperti progrsm sales promotion atau potongan harga (discount), pemasaran langsung. Beberapa bentuk promosi lain yang masih belum diterapkan karna masih tergolong baru keberadaannya di kabupaten Nias Selatan secara khusus di kota Telukdalam. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian di kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode kuantitatif yang bersifat assosiatif yakni untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan regresi sederhana Y = 11,131+0,546X dimana nilai konstanta (a) sebesar 11,131 merupakan nilai variabel keputuan pembelian (Y) saat variabel promosi bernilai nol dan nilai koefisien variabel promosi (b) adalah sebesar 0,546 artinya setiap kenaikan satu satuan variabel promosi akan memberikan dampak pada peningkatan variabel keputusan pembelian sebesar 0,546. Uji hipotesis menjelaskan bahwa ????ℎi????????????g promosi sebesar 10,071 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000, sedangkan nilai ???????????????????????? pada alfa 0,05 dengan degree of freedom (df) n-k-1 (96-1-1) = 94 sebesar 1.661.
Copyrights © 2022