Journal on Education
Vol 5 No 1 (2022): Journal on Education: Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022

Efektifitas Media Permainan MONOKEI (Monopoli Keberagaman Indonesia) Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV Sekolah Dasar

Roihatul Parida Maulidi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Marjohan Marjohan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dhena Delviana Aulia (Unknown)
Ujang Jamaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Penggunaan media permainan monopoli keberagaman Indonesia dalam proses pembelajarannya dapat menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi anak. Teknik permainan monopoli keberagaman Indonesia dapat dikembangkan untuk membantu penguasaan anak-anak terhadap aspek-aspek perkembangan khususnya pada materi keberagaman Indonesia. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan media monopoli dalam materi keberagaman Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi lapangan dan wawancara dengan sample penelitian sebanyak 18 siswa. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Tujuan menggunakan metode tersebut adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pembelajaran PPKn materi keberagaman Indonesia dengan menggunakan media permainan monopoli pada Anak Sekolah Dasar. Hasil penelitan yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pencapaian nilai perkembangan anak dalam pembelajaran PPKN materi keberagaman Indonesia antara sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan menggunakan media permainan monopoli. Hal tersebut dapat dilihat pada kegiatan akhir penelitian, nilai perkembangan mereka meningkat mulai dari belum berkembang sampai akhir nilai perkembangannya mencapai berkembang sangat baik, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pembelajaran PPKn materi keberagaman Indonesia dengan menggunakan monopoli anak menjadi lebih berkembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...