Penggunaan media permainan monopoli keberagaman Indonesia dalam proses pembelajarannya dapat menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi anak. Teknik permainan monopoli keberagaman Indonesia dapat dikembangkan untuk membantu penguasaan anak-anak terhadap aspek-aspek perkembangan khususnya pada materi keberagaman Indonesia. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan media monopoli dalam materi keberagaman Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi lapangan dan wawancara dengan sample penelitian sebanyak 18 siswa. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Tujuan menggunakan metode tersebut adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pembelajaran PPKn materi keberagaman Indonesia dengan menggunakan media permainan monopoli pada Anak Sekolah Dasar. Hasil penelitan yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pencapaian nilai perkembangan anak dalam pembelajaran PPKN materi keberagaman Indonesia antara sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan menggunakan media permainan monopoli. Hal tersebut dapat dilihat pada kegiatan akhir penelitian, nilai perkembangan mereka meningkat mulai dari belum berkembang sampai akhir nilai perkembangannya mencapai berkembang sangat baik, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pembelajaran PPKn materi keberagaman Indonesia dengan menggunakan monopoli anak menjadi lebih berkembang.
Copyrights © 2022