JURNAL KONFIKS
Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA BLOGGER

Rahma Amelia (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
lutfi syauki faznur (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi kelas X berbantuan media blogger sebagai alat bantu media daring. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) pada kelas X SMA Nusantara Plus . Desain pada penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggunakan rumus rata-rata yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan pra siklus diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 44, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74 tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media blogger dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi peserta didik kelas X SMA Nusantara Plus.

Copyrights © 2021