JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 11, No 1 (2022)

Pengembangan Perangkat Blended Learning Kontekstual Untuk Pembelajaran Program Linear Siswa SMK

Pande Putu Kurniawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gede Suweken (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gusti Putu Sudiarta (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Blended learning dengan membuka kelas maya sangat penting untuk mengorganisasikan program pembelajaran siswa SMK. Bila sedang melaksanakan tugas kerja praktek lapangan, maka akan sangat bermanfaat bagi siswa dan guru yang tidak melakukan pembelajaan tatap muka secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran blended learning kontekstual yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kelas Maya, dan Instrumen Penilaian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tahapan-tahapan penelitian dan teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 3 Denpasar. Metode yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa dan guru, tes hasil belajar, dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran blended learning kontekstual yang berkualitas valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education

Description

JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is a semiannual journal, published on March and September. JIPM published by Universitas PGRI Madiun. JIPM provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share knowledge in the form of empirical and ...