ABSTRAKPengelolaan data dan informasi publik oleh lembaga pemerintah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis internet dapat memberikan informasi tanpa terbatas ruang dan waktu. Berbagai layanan publik dapat diakses oleh masyarakat melalui website maupun sosial media. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Yogyakarta (BPMP) sebagai salah satu entitas publik hadir di tengah masyarakat untuk memberikan layanan informasi pendidikan melalui website dan sosial media. Peningkatan layanan publik yang berkualitas menjadi salah satu prioritas penting untuk menjaga performa layanan yang semakin baik. BPMP Yogyakarta melalui fungsi PMPSI (Pemetaan Mutu dan Pengelolaan Sistem Informasi) bermitra dengan IST AKPRIND menyelenggarakan pelatihan untuk aparatur pengelola website dan sosial media pada selasa 11 Oktober 2022 di Ruang Rapat 2 BPMP DIY. Kegiatan Bimtek Pengelolaan Data dan Informasi dengan tema Pengelolaan Website dan Sosial Media tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur dalam pengelolaan informasi publik. Materi pelatihan tentang pengelolaan website pemerintah, dan pengelolaan media sosial diikuti dengan praktek langsung oleh 25 peserta. Hasil pelatihan secara umum menunjukkan bahwa peserta puas terhadap hasil pelatihan dan pelatihan sudah sesuai dengan harapan peserta. Adanya kerjasama antara BPMP dengan dosen dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan kapasitas lembaga pemerintah, khususnya BPMP dalam memberikan keberlanjutan layanan informasi yang valid pada masyarakat. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu peningkatan kemampuan dari pengelola website dan sosial media BPMP dalam menyediakan konten yang lebih menarik dan terupdate untuk masyarakat. Kata kunci: pelatihan; pengelolaan website; pengelolaan sosial media; BPMP; TIK ABSTRACTThe data and information public management is essential for public services. Internet-based Information and Communication Technology (ICT) can provide information without being limited by space and time. The public can access services through websites and social media. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) is a public community that provides educational information through websites and social media. Improving the quality of public services is one of the priorities to maintain better service performance. BPMP with PMPSI (Pemetaan Mutu dan Pengelolaan Sistem Informasi) function in collaboration with the IST AKPRIND held training for website and social media management officials on Tuesday, 11 October 2022, in Meeting Room 2 BPMP DIY. The Bimtek of Data and Information Management with the theme of Website and Social Media Management aims to improve the competence of the apparatus in managing public information. The training materials consist of managing the website and social media followed by hands-on practice by the 25 participants. The results generally show that the participants are satisfied with the training results, and the training is in line with the expectations of the participants. The collaboration between BPMP and lecturers in this public service activity can increase the capacity of government institutions, especially BPMP, to provide sustainable and valid information services to society. The result of this community service is an increase in the ability of the BPMP website and social media managers to provide more attractive and updated content for the community. Keywords: training; website management; social media management; BPMP; ICT
Copyrights © 2022