Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SEKOLAH DASAR

Tatu Hilaliyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbahasa siswa yang masih rendah pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Model pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan guru untuk merealisasikan strategi pembelajaran yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini, pembelajaran menggunakan model multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbahasa siswa di Sekolah Dasar melalui penerapan model pembelajaran multiliterasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasy experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan pretest-posttest. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Kontrol Grup Design. Desain ini terdapat tiga kelompok (3 SD kelompok eksperimen dan 3 SD kelompok control) yang dipilih secara acak kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berbahasa. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model multiliterasi terhadap keterampilan berbahasa siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022