Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Analisis Kebutuhan Booklet Terintegrasi Nilai-nilai Islam sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Virus Kelas X SMA/MA

Putri Sarinami (Universitas Negeri Padang)
Zulyusri Zulyusri (Universitas Negeri Padang)
Irdawati Irdawati (Universitas Negeri Padang)
Ardi Ardi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan peserta didik terhadap booklet pada materi virus. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu satu orang guru biologi yang mengajar di kelas X dan 27 peserta didik dari kelas X IPA1 yang dipilih berdasarkan rata-rata nilai ulangan yang terendah pada materi virus. Hasil penelitian ini yaitu guru belum pernah menggunakan booklet pada materi virus, peserta didik kesulitan dalam memahami materi virus, dan bahan ajar yang digunakan belum terintegrasi nilai-nilai islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah booklet terintegrasi nilai-nilai islam pada materi virus dibutuhkan sebagai suplemen atau tambahan bahan ajar yang sudah ada sebelumnya, untuk mendukung dan memaksimalkan proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...