Journal of Economic and Management (JECMA)
Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus

Analisis Positioning Operator Seluler dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Pasar di Wilayah Yogyakarta

Andi Yulianto (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi)
Roni Roni (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi)
Roby Setiadi (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Azizah Indriyani (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar operator seluler dari tiga merek yaitu: Telkomsel, Mentari, dan XL. Ketiga merek tersebut mendominasi pasar operator seluler sehingga menarik untuk diteliti tentang peta persaingan terhadap atribut-atribut yang diberikan kepada konsumen. Sampel yang dipilih adalah pengguna dari ketiga merek operator seluler di Wilayah Sleman, Yogyakart sebanyak 140 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis faktor/klaster dan analisis korespondensi. Berdasarkan hasil output SPSS menghasilkan 3 (tiga) klaster, yaitu klaster 1 tentang layanan, klaster 2 tentang harga kartu perdana, dan klaster 3 tentang biaya telepon/SMS. Analisis korespendensi menghasilkan 4 kwadran yang membagi kelompok atribut-atribut yang diteliti

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jecma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Economics and Management (JECMA) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian bidang ekonomi dan bisnis. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian ...