Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Amrina (Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)
Adam Mudinillah (Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Indonesia)
Defitri Nur Isnain Isnain (Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2022

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan guna menunjang serta mendukung proses belajar mengajar dalam suatu pendidikan. Media merupakan alat bantu yang dapat dimanfaatkan pendidik pada saat pembelajaran di kelas. Kreativitas guru dalam menciptakan media belajar yang menarik dan menyenangkan senantiasa harus ditingkatkan. Penyajian materi bahasa Arab untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah harus diberikan dalam berbagai bentuk penyajian yang tidak harus terikat hanya pada buku pelajaran khususnya materi mufradat. Seorang pendidik hendaknya mempunyai media pembelajaran yang baru serta menarik dalam penyampaian materi kepada peserta didiknya, bukan hanya melalui buku ataupun sekedar metode ceramah. Media pembelajaran yang digunakan pendidik harus disesuaikan dengan materi serta kondisi peserta didik. Di zaman sekarang teknologi berkembang pesat, setiap individu diharapkan mampu memanfaatkan teknologi yang ada guna menunjang aktivitas sehari-hari, termasuk dalam pendidikan. Diantara media teknologi yang dapat dimanfaatkan pendidik dan peserta didik untuk belajar dalam peningkatan penguasaan mifradat pada siswa kelas III tingkat MI adalah Canva. Canva yaitu aplikasi desain berbasis online yang bisa digunakan guru untuk merancang materi pembelajaran melalui template-template, poster, video, infografis, bahkan media presentasi. Banyaknya desain yang menarik pada aplikasi canva dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, siswa pun tidak mudah bosan dan menjadikan pembelajaran menyenangkan dan lebih efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...