Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis paragraf sederhana pada siswa kelas III SDN Inpres Labangun. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis paragraf sederhana. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis melakukan penelitian tindakan kelas melalui media gambar. Jumlah siswa dalam penelitian ini yaitu 15 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas dua jenis, data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa dan data kualitatif dari aktivitas guru dan siswa yang diperoleh dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN Inpres Labangun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kemampuan menulis paragraf dapat meningkat di mana pada siklus I sebesar 66,7% menjadi 93,3% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media gambar apabila diterapkan dengan baik dan benar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Paragraf, Media Gambar
Copyrights © 2017