Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi gerak benda melalui penerapkan metode diskusi di SDN 4 Kombo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Kombo dengan jumlah siswa 20 orang. 12 orang siswa laki laki dan 8 orang siswa perempuan. Dari hasil tindakan pada siklus I nilai rata rata perolehan siswa adalah 58 serta ketuntasan belajar klasikal siswa 50%, hasil observasi kegiatan guru 60% dan hasil observasi kegiatan siswa 60% sedangkan pada siklus II nilai rata rata siswa 82,5 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa 90%, hasil kegiatan observasi guru 90% dan hasil observasi kegiatan siswa 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 4 Kombo Kecamatan DampalSelatan Kabupaten Tolitoli. Kata Kunci:Â Peningkatan Hasil Belajar IPA, dan Metode Diskusi Kelompok.
Copyrights © 2017