Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 9 No 3 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Analisis Penggunaan Kosakata Baku dan Kalimat Efektif Pada Karangan Narasi Sejarah Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Genteng Banyuwangi

Febrianti Yusvien Safitri (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Suhartiningsih Suhartiningsih (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Dyah Ayu Puspitaningrum (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)
Hari Satrijono (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Ridho Alfarisi (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) bentuk kesalahan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif dalam menulis karangan narasi sejarah; 2) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 5 Genteng Banyuwangi telah melakukan beberapa kesalahan dalam menulis karangan. Kesalahan kosakata baku termasuk kategori kesalahan rendah dengan presentase 21,5%, sedangkan kesalahan penggunaan kalimat efektif termasuk kategori kesalahan sedang dengan presentase 33,3%. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam karangan narasi sejarah siswa, antara lain: memberikan tugas tambahan kepada siswa, mengadakan lomba – lomba, memberikan dorongan serta motivasi kepada siswa, membiasakan siswa untuk mengecek kembali hasil pengerjaan tugas, memberikan waktu kepada siswa untuk membaca buku pedoman bahasa baku ataupun kamus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...