Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa
Vol. 1 No. 4 (2022): November : Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras

Greiselah Manoka (Universitas Negeri Manado)
Rosiah J. Pulukadang (Universitas Negeri Manado)
Patricia V. J. Runtu (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan metode quasi experiment. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar Teorema Pythagoras siswa dalam dua kelas. Kelas yang pertama disebut Kelas Eksperimen dengan perlakuan (treatment) adalah model pembelajaran Berbasis Masalah, sedangkan kelas kedua disebut Kelas Kontrol dengan perlakuan adalah model Pembelajaran Langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Tabukan Utara, diperoleh perbedaan hasillbelajar siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan modellPembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang menggunakan model Pembelajaran Langsung. Rata-rata data post-test yang terkumpul dari Kelas Eksperimen, yaitu lebih dari rata-rata data post-test di Kelas Kontrol yang hanya .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

insdun

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa: ISSN: 2963-5004 (cetak), ISSN: 2963-5438 (Online) Menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan ilmu pendidikan dan bahasa. Artikel bisa ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. ...