JURNAL PIJAR
Vol 8, No 2 (2013)

ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 MATARAM MENGGUNAKAN ONE TIER DAN TWO TIER TEST MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Nabilah, Nabilah (Unknown)
Andayani, Yayuk (Unknown)
Laksmiwati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA SMAN 3 Mataram menggunakan one tier dan two tier test materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Soal one tier diujikan kepada siswa kelas XI IPA 4 dan soal two tier untuk siswa kelas XI IPA 5. Data pemahaman konsep siswa dianalisis menggunakan persentase. Hasil pemahaman konsep menggunakan One Tier Test (57,4%) lebih besar daripada menggunakan Two Tier Test (21,03%). One Tier Test hanya menunjukkan pemahaman konsep siswa, sedangkan Two Tier Test dapat membagi pemahaman konsep siswa menjadi beberapa tingkatan pemahaman melalui analisis pola jawaban siswa pada tingkat pertama dan kedua. Analisis menggunakan Two Tier Test menghasilkan tingkat pemahaman diantaranya memahami (20.77%), miskonsepsi-1 (22.05%), miskonssepsi-2 (18.08%), memahami sebagian tanpa miskonsepsi (0.13%), tidak memahami konsep-1 (36.67%), tidak memahami konsep-2 (0.38%), dan tidak memahami konsep-3 (1.67%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa two tier test lebih efektif untuk menentukan tingkat pemahaman konsep siswa daripada menggunakan one tier test.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PIJAR

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Merupakan jurnal dengan akses terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram, memuat artikel ilmiah baik berupa: 1. HASIL PENELITIAN. 2. LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT,3. KAJIAN PUSTAKA.Terbit setiap 6 bulan sekali (Maret dan September), mencakup ...