JURNAL PIJAR
Vol 8, No 2 (2013)

PENGEMBANGAN WEB INTRANET FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMKN 2 PRAYA TENGAH

Sukmantara, I Komang Yogi (Unknown)
Doyan, Aris (Unknown)
Gunawan, Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran web intranet fisika dan mengetahui pengaruhnya terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 3 tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan media/produk, dan tahap uji coba media/produk. Media pembelajaran web intranet fisika dikembangkan pada materi usaha, energi, dan daya. Kedua kelas dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata (Uji t atau Uji Mann-Whitney) dan skor gain ternormalisasi (N-gain). Uji Mann-Whitney penguasaan konsep menghasilkan nilai sebesar 0,047 pada taraf kepercayaan 95% yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen adalah 53,73% (sedang) sedangkan rata-rata N-gain kelas kontrol adalah  47,16% (sedang). Uji Mann-Whitney kemampuan pemecahan masalah menghasilkan nilai sebesar 0,34 pada taraf kepercayaan 95% yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain kelas eksperimen adalah 48,56% (sedang) sedangkan rata-rata N-gain kelas kontrol adalah 48,16% (sedang).

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PIJAR

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Merupakan jurnal dengan akses terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram, memuat artikel ilmiah baik berupa: 1. HASIL PENELITIAN. 2. LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT,3. KAJIAN PUSTAKA.Terbit setiap 6 bulan sekali (Maret dan September), mencakup ...