Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Volume 07, Nomor 02, Desember 2022

POLA CERITA DALAM CERPEN-CERPEN ANAK INDONESIA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Khusnul Fatonah (Universitas Esa Unggul)
Ezik Firman Syah (Universitas Esa Unggul)
Nurul Febrianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Cerpen-cerpen anak memiliki pola khusus yang berbeda dari cerpen-cerpen orang dewasa pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pola cerita dalam cerpen-cerpen anak Indonesia dan relevansinya pada pembelajaran sastra di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi yang ditopang oleh teori naratologi. Objek penelitian berupa dua antologi cerpen berjudul Misteri Kucing dalam Lukisan dan Pasukan Jumat Berbagi dengan total 20 judul cerita. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pola cerita dalam cerpen-cerpen anak Indonesia memiliki sekuen lengkap, cenderung berpola kronologis, pencirian tokoh utama didominasi oleh penyebutan nama tokoh dan pendeskripsian secara tidak langsung, serta narator dihadirkan secara ekstradiagesis dan intradiagesis dengan menunjukkan sikap kedekatan terhadap tokoh-tokoh utamanya. Relevansi penelitian ini dalam pembelajaran sastra di SD adalah sebagai sumber belajar siswa untuk meningkatkan minat baca. Selain itu, pemahaman terhadap pola cerita dalam cerpen-cerpen anak akan membantu guru untuk memahami karakteristik peserta didiknya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...