Oportunitas
Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas

PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN KSPPS BMT SURYA RAHARJA PUSAT KAB. TUBAN

anisatu sa'dyah (Unirow Tuban)
Muhammad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kompensasi dan komunikasi dalam organisasi berpengaruh terhadap loyalitas karyawan pada KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian adalah karyawan KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban yang berjumlah 257 kemudian diambil sampel sejumlah 39 karyawan. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengujian beberapa cara yaitu uji intrumen (validitas dan reabilitas), uji prasarat yang terdiri dari (normalitas dan linearitas), uji hipotesis (regresi linear berganda, uji T, uji F, dan determinasi) dengan bantuan SPSS v.25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan komunikasi organisasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan pada KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban dengan pengaruh 47% yang merupakan kemampuan variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen. Variabel kompensasi memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam mempengaruhi loyalitas karyawan dilihat dari nilai Standardized Coefficients Beta pada variabel kompensasi X1 = 0,402 (β) > variabel komunikasi organisasi X2 = 0,368 (β). Pimpinan KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban harus perlu memperhatikan faktor kompensasi dan komunikasi organisasi untuk kelancaran dan tercapainya tujuan lingkup organisasi. kompensasi, komunikasi, loyalitas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

oportunitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun ...