Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Kesadaran Digital Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Pada Perguruan Tinggi : Sebuah Refleksi

Yayuk Hidayah (Universitas Negeri Yogkakarta)
Sunarso Sunarso (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Tujuan artikel ini ialah melaukan kajian secara mendalam mengenai pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan adalah lybrary research. Objek penelitian berasal dari buku, Jurnal, laporan penelitian dan dokumen lain yang terkait dengan kesadaran digital, pendidikan kewarganegaraan dan post pandemi. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi yaitu mengidentifikasi wacana dari objek penelitian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pendidikan kewarganegaraan berperan dalam memberikan kesadaran digital di era post pandemi. 2) pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic tertransformasi dalam gagasan warga negara yang beradab atau civilized society secara digital. 3) kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic terwujud dalam etika digital sebagai hasil dari adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi. Adapun sebagai pendukung dalam pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic ialah melalui pembelajaran kolaboratif sebagai solusi dalam penerapan pembelajaran post pandemi yang tetap mengedepankan keterhubungan siswa sebagai makhuk sosial agar tetap dapat bersosialiaso, kejasama , dan membantu antar sesama. Setelah melakukan kajian, peneliti menyimpulkan jika pengembangan kesadaran digital melalui pendidikan kewarganegaraan di era post pandemic ialah sebagai estafet project perwujudan smart and good citizenship post pandemic.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...