Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, tanda baca titik, dan tanda baca koma dalam keterampilan menulis cerita pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, tanda baca titik, tanda baca koma dalam cerita narasi siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Bidara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa yang dianalisis sebanyak 21 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita narasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur keterampilan menulis cerita narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Instrumen ini sudah diuji validitas dan reabilitasnya oleh dosen ahli. Hasil yang diperoleh pada tes keterampilan menulis cerita narasi ialah terdapat 17 kasus kesalahan penggunaan huruf kapital, 12 kasus kesalahan pemilihan kata yang tepat, 12 kasus kesalahan penggunaan tanda baca titik, dan 9 kasus kesalahan penggunaan tanda baca koma. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis sebuah cerita narasi ialah kurangnya minat siswa, kurangnya berlatih dalam menulis dan membaca.
Copyrights © 2022