Perspektif Ilmu Pendidikan
Vol 36 No 1 (2022): Perspektif Ilmu Pendidikan

PENGARUH PENGAJARAN OLEH AṬṬHASĪLANĪ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA BUDDHIS DI SD TAMAN HARAPAN

Pipit Ariyanti (Mahasiswa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Pengajaran Oleh Atthasilani Terhadap Minat Belajar Siswa Buddhis SD Taman Harapan. Acuan untuk mengetahui minat belajar siswa dapat diukur melalui tujuh indikator menurut Bahri (1-4) dan menurut Slameto (5-7), yaitu (1) perasaan senang, (2) keterlibatan siswa, (3) ketertarikan, (4) perhatian siswa, (5) perasaan positif saat belajar, (6) adanya kenyamanan saat belajar, dan (7) adanya kapasitas dalam membuat keputusan saat belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang didukung dengan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan penelitian survei. Instrumen yang digunakan adalah pernyataan tertulis (kuisioner) dengan penghitungan skala likert dan Uji-t didukung oleh daftar wawancara yang ditanyakan kepada 6 informan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa minat belajar siswa Buddhis pada pengajaran yang dilakukan oleh atthasilani sebagian besar memiliki minat yang efektif. Akan tetapi, berdasarkan penghitungan skala likert secara keseluruhan bahwa pengajaran oleh guru mata pelajaran memiliki skor tertinggi sebesar 40 dan pengajaran oleh atthasilani memiliki skor terendah 25. Secara parsial, ada beberapa indikator menyatakan nilai yang tinggi, ada yaang sedang bahkan ada yang kurang. Dengan demikian, adanya perbedaan pengajaran oleh atthasilani dan guru yang menyatakan perolehan tinggi pada guru sehingga tidak ada pengaruh pengajaran oleh atthasilani. Kata Kunci: Pengajaran, Minat Belajar Abstract: This research was conducted to determine the effect of Atthasilani's teaching on the learning interest of Buddhist students at Taman Harapan Elementary School. References to determine student learning interest can be measured through seven indicators according to Bahri (1-4) and according to Slameto (5-7), namely (1) feelings of pleasure, (2) student interaction, (3) interest, (4) student attention , (5) positive feelings while studying, (6) there is comfort while studying, and (7) the capacity to make decisions while studying. The design of this research is quantitative research which is supported by qualitative research. The instrument used is a written statement (questionnaire) with a Likert scale calculation and the t-test is supported by a list of interviews stated to 6 informants. The results of this study show that the interest in learning of Buddhist students in the teaching carried out by atthasilani mostly has an effective interest. However, based on the overall Likert scale calculation, teaching by subject teachers has the highest score of 40 and teaching by atthasilani has the lowest score of 25. Partially, there are several indicators that state high scores, some are moderate and some are even less. Thus, there are differences in teaching by atthasilani and teachers who state high gains on teachers so that there is no influence of teaching by atthasilani. Keywords: Teaching, Interest in learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pip

Publisher

Subject

Education

Description

Perspektif Ilmu Pendidikan published by Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan contained results of the research which focused about education from practitioners, academics, researchers, and education ...