Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif dan Level Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah HOTS

Eka Resti Wulan (IAIN Kediri)
Kharisma Lisa Hada (Unknown)
Indah Nur Komala Sari (Unknown)
Muhammad Yafis Kahfi Muttaqin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Berpikir kreatif merupakan salah satu bagian dari kompetensi dalam berpikir tingkat tinggi yang dibutuhkan pada abad 21 serta dapat ditinjau berdasarkan level metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan level metakognitif siswa terkait menyelesaikan masalah tipe HOTS (High Order Thinking Skills). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu enam siswa kelas VIII-E SMP Negeri 8 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes sebanyak tiga soal uraian dan pedoman wawancara. Temuan menunjukkan bahwa keterampilan bepikir kreatif siswa kemampuan tinggi pada soal HOTS lingkaran pada kategori sangat kreatif dan berada di level metakognitif 3 (strategic use), keterampilan berpikir kreatif siswa kemampuan sedang pada soal HOTS lingkaran pada kategori cukup kreatif dan berada di level metakognitif 2 (aware use), sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa kemampuan rendah pada soal HOTS lingkaran pada kategori kurang kreatif dan berada di level 1 (tacit use).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...