Berpikir kreatif merupakan salah satu bagian dari kompetensi dalam berpikir tingkat tinggi yang dibutuhkan pada abad 21 serta dapat ditinjau berdasarkan level metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan level metakognitif siswa terkait menyelesaikan masalah tipe HOTS (High Order Thinking Skills). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu enam siswa kelas VIII-E SMP Negeri 8 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes sebanyak tiga soal uraian dan pedoman wawancara. Temuan menunjukkan bahwa keterampilan bepikir kreatif siswa kemampuan tinggi pada soal HOTS lingkaran pada kategori sangat kreatif dan berada di level metakognitif 3 (strategic use), keterampilan berpikir kreatif siswa kemampuan sedang pada soal HOTS lingkaran pada kategori cukup kreatif dan berada di level metakognitif 2 (aware use), sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa kemampuan rendah pada soal HOTS lingkaran pada kategori kurang kreatif dan berada di level 1 (tacit use).
Copyrights © 2022