Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 10 No. 1 (2022): NOVEMBER

LKS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Tio Hagomosan Nasution (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Nyayu Masyita Ariani (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Masri (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan praktis untuk pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi kubus dan balok; dan untuk untuk mengetahui efek potensialnya pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model four-D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Desseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Proses validasi dilakukan oleh 3 orang validator. Hasil telaah validator digunakan untuk merevisi Lembar Kerja Siswa. Analisis data validasi secara kualitatif dan kuantitatif menunjukkan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan valid. Selanjutnya Lembar Kerja Siswa disebarkan terbatas kapada 15 orang siswa SMP untuk diuji tingkat kepraktisannya. Data kepraktisan dikumpulkan dengan angket respon siswa. Diperoleh skor rata-rata kepraktisan sebesar 3,91 yang termasuk kategori praktis. Efek potensial LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah terlihat dari hasil kerja siswa dalam LKS. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, contextual teaching and learning, kubus dan balok, kemampuan pemecahan masalah matematis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...